Friday, October 24, 2025

AssemblrEDU Tutorial#16 Pencerminan Objek

Selain melakukan rotasi objek (Scale)  kita juga dapat melakukan pencerminan (Mirror) terhadap objek baik objek 3D, objek 2D maupun objek teks sehingga objek dapat berubah arah seperti layaknya ketika objek berada di depan cermin. Contohnya adalah seperti gambar dibawah ini :

Pada contoh diatas kita menyisipkan objek 3D seorang ibu guru dengan posisi tangan kiri dalam keadaan terangkat kearah tertentu seperti gambar di atas. Posisi objek 3D Ibu guru ini akan kita ubah sehingga yang terangkat adalah tangan kanannya dan bukan tangan kirinya. Untuk merubah posisi tangan tersebut pertama-tama kita klik objek 3D ibu guru sehingga terseleksi lalu kita klik menu More yang ada di sebelah kanan bawah sehingga tampil menu di sebelah kiri seperti gambar di bawah ini :

Selanjutnya klik menu Mirror sehingga tampil pilihan seperti gambar di bawah ini :

Ada 3 sumbu yang akan menjadi cermin perubahan posisi objek yaitu X, Y dan Z. Untuk merubah sisi kanan menjadi sisi kiri maka kita dapat menjadikan sumbu X sebagai sumbu untuk cermin sehingga hasilnya menjadi seperti gambar dibawah ini

Selain pencerminan berdasarkan sumbu X pencerminan juga dapat dilakukan berdasarkan sumbu Y dan sumbu Z (Robby Shadri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.